Omtutorial adalah Blog tentang Pelajaran Sejarah, Biologi, Fisika, Kerajaan. Wawasan yang luas di dapatkan dari blog ini.

Fungsi, Teknik, Bentuk Gerak Tari Kreasi

 Fungsi Tari

Soedarsono (1998), membagi fungsi tari pada dua kategori: fungsi primer dan fungsi
sekunder. Fungsi Primer tari terdiri atas:


1. Tari upacara

Tari yang berfungsi sebagai upacara, apabila tari tersebut memiliki ciri:
a. dipertunjukan pada waktu terpilih,
b. tempat terpilih,
c. penari terpilih,
d. adanya sesaji.
Tari yang digunakan untuk acara keagamaan di Bali memiliki fungsi upacara dan
disakralkan, maka diberi nama tari Wali. Sementara tari yang memiliki fungsi sebagai
pendukung upacara diberi istilah tari Bebali. Adapun tari yang berfungsi sebagai
pertunjukan estetis disebut bali-balian. Fenomena yang terjadi di Yogyakarta atau
Surakarta, tentunya berbeda. Di sana terdapat tari yang dipergelarkan hanya untuk acara
yang dianggap sakral seperti penobatan raja atau hari peringatan penobatan raja, seperti tari:
Bedhaya, Serimpi, Beksan, dan Wayang Wong. Dalam hal ini guru memberikan motivasi
kepada siswa untuk mengamati tari upacara yang ada di daerah sekitar lingkungannya
atau daerah lainnya untuk selanjutnya dikembangkan dan diterapkan menjadi tari kreasi
yang mengacu pada tari upacara.


2.Tari hiburan pribadi

Tari yang berfungsi sebagai hiburan pribadi memiliki ciri gerak yang spontan, dan
bergerak untuk kesenangan sendiri. Oleh karena untuk kesenangan sendiri, kadangkala
tidak menghiraukan keindahannya. Bapak/Ibu guru dipersilahkan untuk memberikan
motivasi kepada siswa untuk mengamati, mendiskusikan, dan menemukan tari hiburan
pribadi di lingkungan sendiri atau daerah lainnya, selanjutnya dikembangkan dan diterapkan
menjadi tari kreasi baru.

3.Tari penyajian estetis

Tari yang berfungsi sebagai penyajian estetis adalah tari yang disiapkan untuk
dipertunjukan. Sudah tentu karena fungsinya untuk pertunjukan, prosesnya melalui latihan
berulang serta memiliki kaidah-kaidah yang harus dipertimbangkan. Selain kaidah estetika
yang umum seperti wiraga, wirama, dan wirasa, setiap etnis memiliki rasa keindahan
yang berbeda. Sebagai contoh estetika tari Sunda klasik terekam dalam istilah: wanda
(ukuran/postur penari), wirama (ketrampilan menari yang sesuai dengan iringannya), wirasa
(ekspresi menari), sari (kedalaman penghayatan), alus (harmonisasi). Akan tetapi, tatkala
siswa dihadapkan pada tari Jaipongan yang juga dari etnis Sunda, tentu saja kaidah seni
pertunjukannya akan berbeda. Dengan demikian guru dipersilahkan memotivasi siswa
untuk mencari, membandingkan, dan menganalisis tari. Selanjutnya, menemukan kaidah
keindahan tari penyajian estetis yang diamatinya. Kemudian, diterapkan menjadi tari kreasi
yang terbarukan.

B. Bentuk Tari

1. Tari tunggal

Tari yang ditampilkan oleh seorang penari dalam menarikan tokoh. Oleh karena
menarikan seorang tokoh yang bisa bersumber dari sejarah, cerita wayang, cerita rakyat,
legenda dan lain-lain, maka karakter atau perwatakannya harus tampil dengan jelas. Karakter
dalam tari terlihat dari volume gerak yang harus dipertahankan selama ditampilkan.
Contoh tari Gatotkaca dari cerita wayang Mahabharata adalah seorang kesatria yang
gagah. Tari Gatotkaca memiliki volume gerak luas yang ditandai dengan angkatan kaki
dan tangan yang terbuka lebar disertai pandangan yang lurus ke depan. Berbeda halnya
dengan tokoh Arjuna yang berkarakter halus, maka tarinya memiliki volume gerak sedang
dengan pandangan mata menunduk. Dalam hal ini bapak/ibu guru dipersilahkan memotivasi
siswa untuk mengamati dan mengasosiasikan tokoh-tokoh ideal dalam kehidupan nyata
untuk diketemukan karakternya dan direpresentasikan ke dalam tari kreasi.

2. Tari berpasangan

Tari yang ditampilkan oleh dua orang penari, atau berpasangan baik laki-laki -
perempuan, perempuan - perempuan, atau laki-laki - laki-laki. Prinsip tari berpasangan
adalah adanya saling interaksi diantara penari. Saling mengisi dalam gerak dan membuat
komposisi yang terencana. Adakalanya tari berpasangan ditampilkan oleh lebih dua orang,
yang penting tari tersebut berkonsep dua yang saling mengisi. Contohnya tari Serampang
dua belas dari Melayu, walaupun ditarikan secara masal, tetapi konsep dua yang saling
mengisi masih terjaga.
Dalam hal ini bapak/ibu guru dipersilahkan memotivasi siswa untuk mengamati dan
mendiskusikan tari berpasangan agar bisa dikreasikan kembali sesuai selera estetis siswa.

3. Tari kelompok

Tari yang ditampilkan lebih dari 3 (tiga) orang penari. Tidak ada ketentuan mutlak
jumlah maksimal, contoh tari Saman dari Aceh, tari piring dari Minangkabau, tari
Merak dari Jawa Barat, dan lain-lain. Akan tetapi, ada tari yang memiliki ketentuan
khusus. Misalnya, pada tari Bedhaya dari Jawa yang ditampilkan oleh 5 orang penari
bisa juga 7 atau 9 penari, yang masing-masing penari memiliki peran dan lintasan tari
yang sudah baku. Dalam hal ini bapak/ibu guru memiliki peran sebagai motivator,
menstimulus siswa untuk berkreasi tari kelompok.
Tag : budaya
0 Komentar untuk "Fungsi, Teknik, Bentuk Gerak Tari Kreasi"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top