Omtutorial adalah Blog tentang Pelajaran Sejarah, Biologi, Fisika, Kerajaan. Wawasan yang luas di dapatkan dari blog ini.

Faktor Penyebab Utama Siswa Mulai Putus Sekolah

faktor putus sekolah

Pertama kita akan memahami terlebih dahulu mengapa siswa atau murid ini mulai tidak bersekolah lagi, terdapat banyak asumsi yang mereka kantakan supaya membenarkan diri mereka untuk lepas dari jeratan sekolah.

Banyak anak-anak indonesia yang sudah mulai tidak mengerti bertapa pentingnya sekolah formal untuk diri mereka sendiri, mereka hanya terpaut dan ikut ikutan saja.

Terlebih di indonesia untuk masalah siswa yang keluar dari sekolah bukan hanya 1 atau 2 mungkin sudah ratusan bahkan ribuan orang yang sudah tidak bersekolah lagi.

Sekolah melatih siswa agar mereka bisa mandiri di luar sana (masyarakat) jika tidak bersekolah maka ilmu sosial mereka tidak ada dan mungkin merugikan diri mereka sendiri.

Putus sekolah bukanlah satu hal yang patut kita tinggal diam, karena bangsa ini akan hilang jika tidak ada penerusnya, mungkin sekarang belum terasa akan penerus bangsa yang berkurang, tetapi nanti akan kelihatan bahwa bangsa ini bisa jadi gagal karena penerusnya tidak mampu menahan bertapa kerasnya dunia luar.

Maka dari itu kita harus mencari tahu Penyebab Siswa sudah tidak bersekolah lagi.

Faktor Utama Putus Sekolah


Terdapat banyak faktor yang belum pasti dan juga belum di ketahui kebenarannya, tetapi saya yakin bahwa faktor faktor yang akan saya tulis sudah bisa mewakili dari alasan mereka mulai putus sekolah dan sudah mulai menggeluti dunia kerja.

Ketika saya bilang utama, maksud saya adalah faktor terpenting yang mereka ambil ketika mereka sudah mulai bosan akan adanya pelajaran dalam hidup mereka.

Kita tidak bisa belajar hanya dari satu hal saja, semua di ambil dari berbagai hal dan berbagai ilmu yang mereka pelajari. Mungkin mereka yang berhenti sekolah memang salah tetapi kalau dalam masalah internal kita sebagai orang lain bisa apa.

Kurang Mengerti Pentingnya Sekolah

Sekolah bukan hanya berarti belajar belajar dan belajar, mungkin karena mereka berfikiran seperti itu maka mereka merasa tertekan dan tidak bisa meluasa mencari jati diri mereka. Memang masa mudah harus di habis kan dengan mencari jadi diri tetapi kalau ilmu saja tidak punya maka bagaimana dapat mencari jati diri untuk diri sendiri.

Jarang sekali anak anak yang putus sekolah mengerti akan hal Pentingnya sekolah, pentingnya pelajaran, pentingnya bermasyarakat dalam sekolah, padahal itu harus di pahami sebelum kita terjun ke dunia bermasyarakat.

Selain itu di sekolah kita juga bisa mendapat link/hubungan yang nantinya bisa kalian gunakan untuk masa depan kalian.

Masalah Internal Sekolah


Mengapa saya berbicara masalah di sekolah, karena terkadang mereka yang putus sekolah mulai tidak nyaman akan hal hal yang terdapat disekolah.

Seperti halnya peraturan mereka sudah malas akan adanya pertaturan yang mebebankan mereka, yang dimana anak mudah generasi muda seharusnya merasa terbebas dan tidak bisa di kekang dengan peraturan yang menurut mereka membebankan.

Guru bisa jadi adalah faktor yang membuat siswa putus sekolah, seperti yang suda saya jelaskan sama halnya peraturan jika guru terlalu membebankan anak murid dan siswapun merasa terbebankan mereka mulai merasa bahwa mereka hanya di perbudak dan tidak merasa di ajarkan suatu pelajaran.

Padahal seharus nya mereka mengerti bahwa itu adalah untuk kebaikan mereka sendiri, tetapi mereka malah merasa terbebankan akan adanya hal tersebut.

Masalah Internal Keluarga


Terkadang keluarga yang hancur atau broken home bisa mengakibatkan murid mulai putus sekolah.
masalah ini di sebabkan oleh masalah keluarga yang terlalu membebankan anaknya, seperti pengambilan hak asuh, menentukan tempat tinggal dan lain lain.

Maka seharusnya guru juga harus mengerti akan hal tersebut.

Memang tidak seharusny membawa masalah pribadi kedalam sekolah, tetapi yang namanya anak anak sudah pasti tidak bisa terus menerus menahannya terlebih lagi mereka tidak berani berbicara kepada siapa siapa karena malu akan aib keluarganya tersebut.

Masalah Keuangan adalah paling banyak masalah yang di temui dari siswa yang mulai mengakhiri pendidikan mereka, karena faktor ekonomi dan juga sekolah yang harus membaya biaya operasional sekolah maka mereka harus dituntun membayar lunas, sementara itu keluarga mereka tidak mempunya keuangan yang cukup untuk membayarnya.

maka mereka mumutuskan untuk tidak bersekolah dan membantu perekonomian keluarganya.

Jadi saran saya jangan sekali kali memandang rendah orang yg tidak bersekolah karena terkadang kita belum tahu maksud dari mereka untuk putus sekolah terlebih jika masalah keuangan.

Mungkin kita yang harus peduli ke mereka bukan mereka yang harus peduli ke kita.

Mereka adalah penerus bangsa sama seperti Anda tetapi ingat bila ada yang kesusahan mohon di bantu dan jangan kita tinggalkan begitu saja.
Tag : sekolah
0 Komentar untuk "Faktor Penyebab Utama Siswa Mulai Putus Sekolah"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Back To Top